Pentingkah Sebenarnya Penggunaan Humidifier Terbaik Bagi Kesehatan?

Pernah merasa punya kulit kering padahal sudah rajin merawat kulit? Tanda kulit kering bisa dilihat jika bagian tubuh seperti kulit badan kering serta kasar. Hal ini tentu bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah kelembapan udara yang kurang pada ruangan.

Saat kelembapan udara di sebuah ruangan sudah kurang baik, tak hanya kulit saja akan mendapati masalah, bibir akan mudah mengelupas (pecah-pecah), mata kering, sakit dan kering tenggorokan, hingga flu pun juga rentan terjadi.

Humidifier terbaik ada banyak merek, antara lain Boneco, Sharp, dan Crane

Saat hal tersebut sudah mengganggu kesehatan Anda, solusi yang tepat adalah dengan penggunaan humidifier terbaik pada ruangan. Humidifier memiliki kemampuan untuk menambah kadar kelembapan udara di sebuah ruangan sehingga dapat meminimalisir kekeringan pada kulit dan juga iritasi akibat kelembapan udara yang buruk. 

Cara kerja humidifier:

Humidifier menggunakan mekanisme mentransfer uap. Awalnya, cairan humidifier akan dididihkan dan berubah menjadi uap panas, uap panas ini kemudian diubah menjadi uap dingin yang selanjutnya ditransfer melalui udara untuk melembabkan ruangan Anda.

Berikut adalah manfaat humidifier yang baik bagi kesehatan:

  1. Membantu mengurangi masalah kulit kering

Sebagian orang kulitnya akan cenderung kering ketika berada dalam ruangan dengan kadar kelembapan yang kurang baik, terlebih saat berada diruangan ber-AC terus menerus.  

Uap yang dihasilkan oleh humidifier terbaik akan membantu menaikkan kadar kelembapan udara sehingga dapat meminimalisir kekeringan pada kulit.

  1.  Meringankan gejala pernapasan seperti flu

Kelembapan udara yang dihasilkan oleh humidifier terbaik dapat membantu Anda dalam meringankan gejala flu. Saat sedang flu, hidung dan pernapasan pasti terasa tidak nyaman ketika bernapas. Uap yang dihasilkan humidifier pada ruangan membuat penderita flu bernapas dengan lebih mudah dan legah. 

  1. Meringankan batuk akibat tenggorokan kering berkepanjangan

Humidifier juga efektif digunakan saat Anda mengalami batuk yang disebabkan oleh tenggorokan kering. Menambahkan humidifier terbaik ke dalam ruangan akan membuat kelembapan udara terjaga dan tenggorokan menjadi tidak terlalu kering akibat kelembapan ruangan yang baik. 

Tak ada salahnya untuk terus mempertahankan kelembapan udara di ruangan Anda, agar udara dapat terus lembap dan terhindar dari tenggorokan kering serta batuk.

  1. Membantu mengurangi stress

Dipasaran, terdapat wewangian berupa essential oil yang bisa ditambahkan pada cairan humidifier terbaik. Essential oil yang ditambahkan pada humidifier ini dapat menenangkan fikiran, apalagi jika wangi yang dipilih sesuai dengan wangi favorit Anda.

  1. Membuat tidur lebih menjadi lebih berkualitas

Udara yang terjaga kelembapannya akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Hal ini akhirnya akan berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Anda akan merasa lebih segar serta rileks di pagi hari saat udara di ruangan Anda baik.

Jika dilihat dari berbagai manfaat yang diberikan oleh humidifier terbaik, dapat dikatakan alat ini sangat berguna bagi kesehatan. Terlebih bagi Anda yang sering mengalami masalah kulit kering, serta rentan terkena penyakit pernapasan seperti flu serta batuk. 

Humidifier juga mampu mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur seseorang, yang mana jika hal ini terus terjadi bukankah hidup Anda juga akan lebih bahagia serta dapat menjalani hari dengan terus produktif kedepannya?Hal yang perlu diingat, tetap jaga kebersihan humidifier dengan rutin membersihkannya sesuai anjuran masing-masing humidifier. Hindari juga penggunaan 24 jam nonstop perharinya agar kelembapan udara pada ruangan tidak terlalu berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *