Permasalahan Keperibadian Sociopath Perlu Diketahui

Menurut American Psychological Association (APA), sociopath adalah “nama lama untuk individu dengan gangguan kepribadian antisosial.” Dan apa itu “gangguan kepribadian antisosial”, Anda mungkin bertanya?

Sebagai permulaan, Anda harus tahu bahwa ada 10 gangguan kepribadian dasar seperti yang didefinisikan oleh The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5). Kita semua memiliki kepribadian kita sendiri, yang dibentuk oleh lingkungan, genetika, dan keadaan hidup. Jika Anda memiliki salah satu dari 10 gangguan kepribadian, Anda memiliki seperangkat ciri kepribadian yang “menyimpang dari harapan budaya, menyebabkan kesusahan atau masalah fungsi, dan berlangsung dari waktu ke waktu,” seperti yang dijelaskan oleh American Psychiatric Association.

Seseorang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial – yang banyak dari kita menggambarkan sebagai “sosiopat” – menunjukkan kurangnya empati terhadap perasaan orang lain dan mungkin sering melanggar perasaan orang lain. Mereka mungkin tidak bertindak dengan cara yang dapat diterima secara sosial, mungkin sering berbohong, dan bertindak agresif, impulsif, dengan sedikit memperhatikan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Apa tipe orang yang sosiopat?

Tipikal antisosial atau psikopat sering kali adalah orang yang berakhir di sistem peradilan pidana, dan mereka melakukan perilaku kriminal, seringkali perilaku penyerangan, dan mereka adalah individu yang ditampilkan di televisi arus utama sebagai semacam manusia jahat.

Tetapi pada kenyataannya, konstruksi sosiopati ini adalah spektrum, dan ada banyak individu yang berfungsi tinggi, seringkali laki-laki, tetapi tidak selalu, yang merupakan sosiopat. Orang-orang ini dapat menjalankan perusahaan besar, mereka dapat menikah, mereka dapat memiliki anak, dan dapat sangat sulit untuk membedakan apakah mereka benar-benar seorang sosiopat.

Penyebab Gangguan Kepribadian Antisosial

Apa yang menyebabkan gangguan kepribadian antisosial? Para peneliti percaya bahwa genetika memainkan beberapa peran, karena memiliki orang tua dengan kelainan tersebut menempatkan satu lagi pada risiko. Penelitian pada anak angkat dari orang tua dengan gangguan menunjukkan bahwa lingkungan juga dapat menjadi faktor, seperti ketika anak menerima disiplin yang buruk, memiliki panutan yang negatif, atau tidak diajarkan untuk menghormati hak orang lain. Anak-anak dari orang tua pecandu alkohol juga berisiko lebih tinggi.

Anak-anak yang memiliki gangguan perilaku atau gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas sebelum usia 10 tahun berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kepribadian antisosial saat dewasa. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak dengan gangguan perilaku yang disalahgunakan atau diabaikan. Para peneliti memperkirakan bahwa 25% anak perempuan dan 40% anak laki-laki dengan gangguan perilaku akan memiliki gangguan kepribadian antisosial saat dewasa.

Gangguan kepribadian antisosial terjadi pada sekitar 3% dari populasi AS. Gangguan tersebut terjadi pada pria 6 kali lebih sering dibandingkan pada wanita. 80% orang dengan gangguan tersebut akan mengalami gejala pada usia 11 tahun.

Ciri-ciri sosiopat

Jadi apa saja hal-hal yang mungkin menunjukkan bahwa mereka memang seorang sociopath? Pada intinya, individu-individu ini memiliki kurangnya empati yang jelas terhadap orang lain, dan maksud saya, kemampuan mereka untuk benar-benar memahami konsekuensi emosional dari perilaku mereka terhadap orang lain sangat terbatas. Kedua, ada kecenderungan bahwa tujuan selalu menghalalkan cara. Jadi, meskipun mereka dapat menyebabkan rasa sakit atau penderitaan yang cukup signifikan bagi orang lain, seringkali dalam arti komersial, sebagai lawan dari rasa fisik, kemampuan mereka untuk berempati, atau merasakan, atau bahkan merespons secara emosional terhadap hal itu sangat terbatas. Itu bisa, pada tingkat yang paling ekstrem, kejam, tetapi pada tingkat lain, kekejaman itu bisa sangat sulit untuk benar-benar dilihat dan dikenali pada orang lain. Jadi sosiopat, seperti semua gangguan kepribadian, juga memiliki kecenderungan untuk tidak memiliki hubungan yang dalam dan bertahan lama, atau jika hubungan itu bertahan, mereka cenderung dangkal, dan sering juga memiliki unsur narsisme, karena ada spektrum antara narsisme. dan sosiopati.

Perawatan Untuk Sosiopat

Sangat sulit untuk mengobati perilaku sosiopat, atau orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial. Sebagian dari masalahnya adalah bahwa menurut definisi, seseorang dengan gangguan ini tidak dapat melihat bagaimana perilaku mereka bermasalah dan tidak mungkin mencari diagnosis atau pengobatan untuk gangguan mereka. Seringkali mereka yang menerima pengobatan entah bagaimana diyakinkan, dipaksa, atau dipaksa untuk menerimanya.

Ada pilihan pengobatan yang berhasil di luar sana untuk orang-orang dengan gangguan kepribadian antisosial. Sayangnya, Anda tidak dapat benar-benar “sembuh” dari gangguan tersebut, tetapi pengobatan dapat mengurangi beberapa gejalanya. Psikoterapi dan khususnya, terapi perilaku kognitif paling banyak digunakan. Mereka yang menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial juga dapat mengambil manfaat dari terapi, dan terapi kelompok adalah pilihan yang baik untuk keluarga.

Tidak ada obat khusus yang mengobati gangguan kepribadian antisosial, meskipun inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) dapat digunakan untuk mengurangi gejala seperti agresi dan lekas marah.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Memiliki Seorang Sosiopat Dalam Hidup Anda

Seringkali sosiopat tidak mendapatkan diagnosis formal. Anda mungkin menduga bahwa seseorang yang terlibat dengan Anda atau yang merupakan anggota keluarga memiliki gangguan kepribadian ini berdasarkan sifat dan perilaku kepribadian mereka. Anda bahkan mungkin telah menjadi korban kebohongan, paksaan, manipulasi, atau agresi mereka.

Batasan

Batasan yang kuat adalah teman Anda di sini. Anda perlu membuat batasan Anda jelas dan Anda perlu agar mereka mengetahui perilaku spesifik mana yang tidak dapat Anda terima. Anda perlu menawarkan konsekuensi. Beberapa orang dengan gangguan kepribadian antisosial hanya akan membiarkan diri mereka menerima pengobatan jika ada konsekuensi untuk tidak melakukannya atau insentif untuk melakukannya. Gunakan itu untuk keuntungan Anda.

Mendapatkan bantuan

Jika seseorang dengan kepribadian sociopath, yang telah didiagnosis dengan gangguan kepribadian antisosial, menyebabkan Anda atau orang yang Anda cintai terluka secara fisik atau emosional, Anda berhak untuk menghapusnya dari hidup Anda. Bahkan mungkin perlu menghubungi penegak hukum dan melaporkannya. mereka. Dalam beberapa kasus, terutama jika mereka adalah anggota keluarga dekat, Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan mereka dari hidup Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda hanya perlu “menyeringai dan menanggungnya” dalam hal perilaku mereka.

Yang terpenting, ingatlah bahwa jika Anda memiliki seseorang dalam hidup Anda yang menunjukkan sifat sociopath, Anda tidak boleh mencoba menyelesaikannya sendiri. Ada kelompok pendukung untuk keluarga dan teman orang dengan gangguan kepribadian antisosial. Carilah konseling profesional, baik untuk diri Anda sendiri maupun untuk orang yang Anda cintai. Gangguan kepribadian sangat sulit dan sangat menguras tenaga untuk ditangani. Jadikan prioritas untuk menjaga diri sendiri sebelum mencoba memperbaiki orang lain dan ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *