Persiapan Sebelum Medical Check Up di Prodia Majalaya

Medical check up tidak harus selalu dilakukan di rumah sakit. Anda bisa juga melakukan medical check up secara rutin di laboratorium klinik tertentu, seperti di klinik Prodia Majalaya.

Klinik Prodia yang satu ini terletak di kawasan Majalaya, Bandung. Bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, Prodia menyediakan beragam pilihan prosedur medis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum medical check up di Prodia Majalaya?

Persiapan sebelum medical check up sebenarnya bisa saja berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada jenis medical check up yang Anda lakukan serta kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Akan tetapi, agar Anda bisa mendapatkan gambaran secara umum, biasanya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut sebelum melakukan pemeriksaan: 

  • Tidak makan dan tidak minum

Kebanyakan pasien akan diminta untuk berpuasa selama beberapa jam menjelang pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilaklukan guna memastikan sampel darah dan sel-sel yang diambil untuk pemeriksaan Anda lebih akurat.

Ketika Anda makan dan minum, darah akan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman tersebut. Ini akan memengaruhi hasil tes darah yang diambil ketika menjalani medical check up.

Waktu berpuasa umumnya berkisar antara 8-12 jam menjelang waktu pemeriksaan. Anda bisa menghubungi pihak Prodia Majalaya untuk mendapatkan panduan lengkap mengenai cara berpuasa.

  • Banyak beristirahat

Saat tubuh Anda lelah atau kurang tidur, hasil tes akan menjadi kurang akurat. Perbedaannya akan tampak sangat signifikan.

Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk beristirahat yang cukup sebelum melakukan medical check up. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat, termasuk berolahraga. Pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang cukup semalam sebelum melakukan pemeriksaan.

  • Melakukan pemeriksaan di pagi hari

Medical check up disarankan untuk dilakukan di pagi hari, antara pukul 7-9 pagi. Dalam rentang waktu ini, tubuh Anda masih dalam keadaan basal dan belum terlalu banyak melakukan aktivitas. 

Jenis tes yang dilaklukan saat medical check up

Sebenarnya, jenis tes yang akan dijalani oleh setiap pasien bisa saja berbeda-beda. Tapi, umumnya di Prodia Majalaya, medical check up akan meliputi rangkaian tes sebagai berikut: 

  • Tes darah

Tes darah merupakan tes yang paling umum dan mendasar dalam pemeriksaan kesehatan. Sejumlah darah Anda akan diambil menggunakan jarum dan dipakai sebagai sampel. Nantinya, sampel darah Anda itu akan diuji di laboratorium.

Hasil tes darah bisa menunjukkan berbagi kondisi kesehatan. Tes darah bisa memperlihatkan apabila Anda memiliki kadar kolesterol atau gula darah yang terlalu tinggi, serta memiliki kondisi medis tertentu yang lebih serius. 

  • Tes urin

Dalam beberapa kasus, pasien juga mungkin saja akan diminta untuk melakukan tes urin. Biasanya, tes urin akan memberikan gambaran mengenai kesehatan saluran pencernaan Anda. 

Sesuai namanya, dalam tes urin, urin Anda akan diambil sebagai sampel untuk dilakukan pengujian di laboratorium. 

Jenis tes lainnya yang dilalukan akan berbeda-beda pada setiap pasien. Pasien wanita dan pasien pria juga akan menjalankan jenis tes yang berbeda. 

Misalnya, pasien pria mungkin akan menjalankan tes lanjutan berupa pemeriksaan prostat dan sperma, sementara pasien wanita akan menjalani pap smear untuk pemeriksaan kanker serviks. Apapun jenis tes yang dijalankan, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan maksimal. Jika memiliki pertanyaan terkait persiapan medical check up, Anda bisa menghubungi pihak Prodia Majalaya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *