Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19 di Puskesmas Sawah Besar

Puskesmas Sawah Besar menyediakan layanan untuk pemberian vaksinasi covid-19. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang diharapkan untuk janji vaksin COVID-19. Dalam banyak hal, vaksin COVID-19 sama seperti vaksin lain yang pernah Anda lihat sebelumnya. Tidak ada hal yang sebenarnya perlu Anda ragukan untuk melakukan vaksin covid-19. Pasalnya, akan lebih banyak manfaat yang didapatkan oleh tubuh dibandingkan dengan efek sampingnya yang hanya berlangsung beberapa saat saja. Akan tetapi, sebelum melakukan vaksin covid-19, ada baiknya lakukan beberapa persiapan berikut ini saat akan melakukan vaksin di Puskesmas Sawah Besar.

1. Melakukan janji temu

Janji temu dapat dibatasi, jadi sebaiknya Anda menjadwalkan janji temu paling cepat yang sesuai untuk. Ingat, Anda bisa mengalami beberapa efek samping ringan dalam 24 jam berikutnya. Cobalah untuk tidak menjadwalkan janji temu Anda sebelum melakukan hal-hal penting atau kegiatan yang signifikan.

2. Jangan mendapatkan vaksin lain secara bersamaan

Sebelum Anda mendapatkan vaksin COVID-19, hindari mendapatkan vaksin lain selama 14 hari. Setelah Anda mendapatkan dosis kedua vaksin COVID-19, tunggu 14 hari untuk mendapatkan vaksin lainnya. Lebih penting untuk mendapatkan vaksin COVID-19 jika tersedia. Jadi sesuaikan waktu pemberian vaksin dengan jenis yang lain untuk memastikan Anda mendapatkan vaksin COVID-19 sesegera mungkin.

3. Sediakan obat pereda nyeri

Ibuprofen dan asetaminofen dapat membantu jika Anda mengalami efek samping seperti demam, nyeri, atau sakit kepala. Efek sampingnya normal dan berarti sistem kekebalan Anda merespons vaksin. Kebanyakan orang mengalami lebih banyak efek samping setelah dosis kedua. Jangan minum obat pereda nyeri sebelum vaksinasi untuk mencoba mencegah efek samping terkait vaksin.

4. Pastikan perut tidak kosong

Konsumsi berbagai macam asupan sebelum Anda dijadwalkan untuk mendapatkan kesempatan vaksin COVID-19 di Puskesmas Sawah Besar. Ambil beberapa asupan makan dan vitamin yang bergizi, seperti bubur, buah dan sayur. Vaksin COVID-19 tidak akan memberi Anda penyakit COVID-19 tetapi beberapa orang merasa mual sebagai efek samping.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Kenakan kemeja dengan lengan yang mudah digulung atau jaket di atas kemeja lengan pendek. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, karena akan membuat lengan Anda terasa sakit karena tertekan usai pemberian vaksin.

6. Pentingnya asupan nutrisi

Makan sesuatu dan minum air pada hari vaksinasi. Beberapa orang menjadi gugup ketika mendapatkan suntikan apa pun dan merasa pusing atau mual. Nutrisi dan hidrasi yang tepat akan memerangi itu. Tetap terhidrasi berkontribusi pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu tubuh bersiap untuk merespons vaksin. Disarankan untuk menahan diri dari minum alkohol dan olahraga intensif sebelum vaksinasi Anda.

7. Tetap rileks

Pastikan Anda lebih banyak memiliki waktu istirahat, terutama pada saat mendapatkan vaksin kedua.Beberapa orang mungkin perlu mengambil cuti pada hari berikutnya jika mereka merasa tidak enak badan. Hindari olahraga berat, donor darah dan aktivitas serupa lainnya segera sebelum dan sesudah vaksin Anda.

Selain menyediakan vaksinasi covid-19, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar juga memiliki layanan medis seperti berikut: 

– Keluarga berencana

– Tes kadar gula darah

– Vaksinasi COVID-19

– Tambal gigi

– Cabut gigi

– Imunisasi anak

– Tes tekanan darah

– Cek kesehatan lansia

– Pemeriksaan calon pengantin

– Persalinan normal

– Tes Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *