Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Melakukan Pemeriksaan di Prodia Lab

Pemeriksaan laboratorium ini diperlukan untuk lebih memastikan mengenai keluhan kesehatan yang Anda alami. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan lanjutan setelah dilakukannya pemeriksaan fisik. Anda bisa melakukan pemeriksaan laboratorium ini di Prodia Lab.

Selain untuk mengetahui penyebab pasti dari penyakit yang dialami, pemeriksaan laboratorium juga bisa dijadikan sebagai evaluasi dan pemantauan dari pengobatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Manfaat yang akan Anda dapatkan dengan melakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin adalah mengetahui riwayat kesehatan terbaru dan juga mengetahui kondisi organ – organ penting.

Salah satu pemeriksaan laboratorium adalah pemeriksaan darah lengkap. Ada tiga jenis sel darah yang akan dilihat untuk mengetahui kondisi kesehatan adalah sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.

  1. Sel darah merah 

Komponen sel darah merah yang lengkap terdiri dari hal yaitu kadar hemoglobin dan hematokrit. Keduanya memiliki tugas dan fungsi masing – masing yang sangat penting bagi tubuh. Hemoglobin memiliki fungsi sebagai protein yang membawa oksigen dan hematokrit memiliki tugas untuk menggambarkan perbandingan sle darah merah terhadap total darah. Jika Anda memiliki kadar hemoglobin dan hematokrit yang rendah, Anda terindikasi mengalami anemia.

  1. Sel darah putih 

Melawan infeksi yang menyerang kekebalan tubuh adalah fungsi dari sel darah putih. Kadar sel darah putih yang tinggi disebut dengan leukositosis sedangkan kadar sel darah putih yang di bawah normal adalah leukopenia. Apabila kadar sel darah putih tidak normal, Anda bisa mengalami berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh seperti infeksi, stress sampai penyakit autoimun.

  1. Trombosit

Menghentikan perdarahan dan menyembuhkan luka adalah peran dari keping darah yang biasa disebut dengan trombosit. Pembekuan darah bisa terjadi apabila kadar trombosit dalam tubuh tidak normal, baik itu terlalu tinggi atau pun dalam kadar yang terlalu rendah.

Pemeriksaan darah lengkap atau pun pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan untuk mendiagonisis penyakit yang diderita. Hanya saja, setiap Anda sakit tidak selalu memerlukan pemeriksaan penunjang. Jika berdasarkan pemeriksaan fisik dan pertanyaan dari dokter sudah mampu memastikan penyebab penyakit yang dialami, maka pemeriksaan darah ini tidak perlu dilakukan.

Meski begitu, jika dokter meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang speerti pemeriksaan darah ini, maka tanyakan dengan jelas dan detail tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemeriksan penunjang ini. Berikut ini beberapa persiapan yang biasanya dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan ini.

  1. Berolahraga Rutin

Manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat medis tertentu. Anda bisa melakukan olahraga setidaknya 30 menit hingga 45 menit setiap harinya. Olahraga yang dilakukan dapat berupa jalan kaki di sekitar perumahan Anda, berenang, bersepeda atau jogging di pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas.

  1. Jaga Pola Makan

Selain berolahraga dengan rutin, menjaga pola makan juga akan sangat membantu hasil pemeriksaan laboratorium. Anda bisa menghindari makanan yang tidak sehat sebelum pemeriksaan dimulai dan justru memperbanyak asupan cairan, mengonsumsi makanan sehat seperti buah – buahan dan sayur – sayuran. 

  1. Jangan Merokok

Tidak hanya menerapkan pola makan yang sehat saja tetapi hidup sehat dengan mengurangi merokok dan tidak mengonsumsi alkohol. Menghindari kedua hal tersebut sangat baik untuk kesehatan Anda terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan paru – paru. 

Selain mempersiapkan tiga hal di atas, Anda juga perlu memberi tahu dokter jika sedang menjalani pengobatan lain atau pun mengonsumsi obat – obatan tertentu. Hal ini perlu dilakukan agar hasil pemeriksaan yang dilakukan di Prodia Lab menjadi lebih akurat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *