Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Sepeda Statis Terbaik

Bersepeda sempat menjadi olahraga yang digemari oleh banyak orang di awal pandemi Covid-19. Namun, semenjak angka pertambahan kasus Covid-19 meningkat, beberapa orang akhirnya memilih di rumah saja dan beralih ke sepeda statis. Namun, sebelum membeli sepeda statis terbaik, pastikan Anda sudah mempertimbangkan hal penting sepertiĀ  kelebihan dan kekurangan dari sepeda jenis ini.

Merek sepeda statis terbaik dapat menjadi teman olahragamu di rumah.

Kelebihan Sepeda Statis

Jumlah Kalori yang Dibakar Lebih Besar

Selain bertujuan memiliki tubuh yang sehat, bersepeda juga menjadi salah satu pilihan orang untuk membakar lemak. Dilansir dari Health Line, Anda dapat membakar lebih dari 600 kalori per jam dengan berolahraga menggunakan sepeda statis. Ini artinya semakin banyak kalori yang dibakar, maka keinginan Anda untuk memiliki berat badan yang ideal akan semakin cepat terwujud. 

Bagaimana cara mengetahui jumlah kalori yang dibakar? Untuk itu Anda tidak perlu bingung menghitung jumlah kalori yang dibakar karena beberapa sepeda statis terbaik sudah dilengkapi dengan monitor yang dapat menghitung jumlah kalori yang dibakar. 

Resiko Cedera dan Kecelakaan Lebih Kecil

Resiko kecelakaan seperti tabrakan dengan pengendara motor, mobil, atau bahkan antar sesama pengendara sepeda biasa lebih besar dibandingkan sepeda statis. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk beralih ke sepeda statis.

Selain itu, resiko cedera seperti jatuh akibat jalanan yang berlubang dan tidak rata, memar dan luka juga lebih kecil. Bagi Anda yang memiliki penderita osteoarthritis lutut, sepeda statis ini menjadi pilihan tepat untuk Anda. Dilansir dari National Library of Medicine, latihan bersepeda dengan menggunakan sepeda statis dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi olahraga pada seseorang dengan osteoarthritis lutut.

Selain itu, sebaiknya Anda memilih sepeda statis terbaik yang semi-recumbent bike. Sepeda statis jenis ini memiliki sandaran seperti kursi yang berfungsi untuk menopang punggung Anda.

Terhindar dari Panas Terik Matahari

Sinar matahari memang memiliki manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan produksi vitamin D, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi penyakit kulit. Namun, sinar matahari di atas jam 10 pagi hingga 4 sore justru berbahaya untuk kesehatan kulit. 

Nah, dengan berolahraga menggunakan sepeda statis Anda tidak perlu khawatir terkena panasnya paparan sinar matahari karena kegiatan bersepeda Anda dilakukan di dalam ruangan. Anda pun bebas mau berolahraga kapanpun tanpa mengkhawatirkan hal tersebut. 

Terhindar dari Polusi dan Virus

Dengan menggunakan sepeda statis Anda pastinya akan terhindar dari polusi knalpot motor dan mobil yang  pasti Anda temukan jika bersepeda di luar ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menghindari resiko terkena paparan virus Covid-19.  Apalagi di tengah tingginya kasus penambahan Covid-19 ini, sepeda statis adalah pilihan yang tepat. Selain lebih aman, badan juga tetap bugar.

Memiliki Fitur Lengkap

Sepeda statis terbaik saat ini sudah memiliki fitur-fitur seperti pengukur denyut jantung, jumlah kalori yang dibakar, jarak tempuh, dan waktu yang sudah Anda habiskan untuk bersepeda. Jika Anda ingin merasakan seperti sedang bersepeda di jalan yang menanjak, Anda tinggal mengatur pemberat kayuhannya saja. 

Kekurangan Sepeda Statis

Ada kelebihan pasti ada pula kekurangan, termasuk sepeda statis ini. Meskipun dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih, tapi ada beberapa hal yang tidak bisa kamu nikmati dari bersepeda statis. Berikut kekurangan sepeda statis.

Rentan Terhadap Rasa Bosan

Rasa bosan sudah pasti akan Anda rasakan karena penggunaan sepeda statis terbaik ini hanya dapat dilakukan di dalam ruangan. Anda tidak bisa memilih lintasan yang ingin Anda lewati ataupun teknik bersepeda yang ingin digunakan karena sepeda jenis ini minim tantangan. Sementara, kalau bersepeda di luar Anda bisa memilih lintasan seperti apa yang ingin dilewati, teknik yang ingin digunakan, atau tantangan lain yang mungkin bisa Anda temukan dengan sepeda biasa. 

Tidak Bebas Melihat Pemandangan

Berhubung sepeda statis letaknya di dalam ruangan, jadi pemandangan yang bisa dilihat mata pun terbatas. Anda hanya bisa melihat pemandangan di sekitar ruangan  dan yang dilihat pun itu-itu saja. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah letak sepeda statis terbaik Anda atau menata kembali pemandangan di sekitar ruangan. 

Itulah kelebihan dan kekurangan dari sepeda statis. Meskipun memiliki kekurangan, namun kelebihan yang dimiliki sepeda ini jauh lebih banyak. Pastikan Anda memilih sepeda statis terbaik untuk berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *