Pilihan Promo Premarital Check Up Bagi Anda dan Pasangan

Premarital check up atau pemeriksaan kesehatan pranikah adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan penting yang dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat penyakit genetik serta penyakit infeksi dan menular pada pasangan. Tujuannya, tentu saja untuk mencegah penularan penyakit kepada pasangan dan calon anak kelak. Mengetahui kondisi pasangan dapat membantu Anda merencanakan kesehatan keluarga dengan lebih baik lagi. Tidak hanya itu tetapi tindakan pengobatan, perencanaan gaya hidup, dan pencegahan penularan penyakit pun bisa dilakukan sebelum Anda punya anak.

Anda bisa memanfaatkan promo premarital check up yang ada di Klinik & Laboratorium Ultra Medica Semarang. Promo premarital check up ini memberikan paket lengkap pemeriksaan premarital. Terlepas dari harganya, manfaat yang diberikan dari tes ini tentunya sangatlah besar untuk Anda dan keluarga Anda. Beberapa manfaat melakukan premarital check up, yang sangat bermanfaat bagi perencanaan Anda dan pasangan.

  • Mengetahui status kesehatan pasangan
  • Mendeteksi penyakit menular, seperti hepatitis B dan HIV/AIDS
  • Mendeteksi penyakit atau kelainan genetik, seperti anemia sel sabit, thalasemia, dan hemofilia

Salah satu penyakit genetik yang dapat dicegah dengan pemeriksaan ini adalah thalasemia. Penyakit ini terjadi ketika sel darah merah tidak dapat menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Tes yang dapat Anda ambil pada pemeriksaan pranikah sebetulnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun sesuai dengan rekomendasi Kemenkes RI, berikut langkah premarital check up secara utuh dan menyeluruh yang dapat Anda lakukan.

  1. Pemeriksaan fisik

Dokter pertama kali akan memeriksa kondisi kesehatan secara umum, mulai dari berat badan hingga tekanan darah. Wanita yang memiliki tekanan darah tinggi dapat membahayakan janin ketika ia hamil karena dapat membuat pertumbuhan janin terhambat, serta berpotensi membuatnya melahirkan sebelum waktunya (prematur). Selain itu, pemeriksaan fisik pada premarital check up ini dapat mengetahui ada atau tidaknya gejala diabetes pada seseorang.

  1. Pemeriksaan penyakit keturunan

Penyakit yang bersifat genetik biasanya diturunkan dari kedua orang tua, misalnya gangguan kelainan darah yang membuatnya tidak bisa memproduksi hemoglobin (sel darah merah) secara normal. Pemeriksaan ini juga dapat mengetahui apakah Anda merupakan carrier terhadap penyakit tertentu.

  1. Pemeriksaan penyakit menular

Penyakit yang dapat terdeteksi pada premarital check up ini, yaitu hepatitis B dan C, serta HIV/AIDS. Pemeriksaan ini sangat penting karena penyakit yang dapat terdeteksi tersebut bersifat menular, serta bukan tidak mungkin dapat mengancam nyawa Anda. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi penyakit menular seksual, seperti herpes, dan penyakit lainya yang bisa mengancam kehamilan nantinya, seperti toksoplasmosis, rubella, dan cytomegalovirus.

  1. Pemeriksaan organ reproduksi

Pemeriksaan pranikah ini bertujuan mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda dan calon pasangan. Premarital check up ini penting terutama bagi Anda yang ingin memiliki keturunan setelah menikah.

  1. Pemeriksaan alergi

Alergi kerap dihubungkan dengan munculnya gatal, bersin, atau bengkak pada bagian tubuh tertentu. Namun, alergi yang parah dapat berakibat fatal, bahkan sampai membuat sesak napas dan meninggal dunia.Biaya yang dikeluarkan untuk menjalani premarital check up memang mahal, tetapi Anda bisa ambil tes-tes yang dianggap penting saja untuk menekan biaya pengeluaran.  Anda pun bisa memanfaatkan promo premarital check up yang bisa didapatkan melalui website atau aplikasi SehatQ. Pelaksanaan dari pemeriksaan premarital check up ini juga setiap orangnya berbeda–beda. Hanya saja, waktu yang dianjurkan untuk mengajukan pemeriksaan sebaiknya 3-6 bulan sebelum pernikahan dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *