Promo Tes Covid 19, Pilih Jenis yang Mana?

Pada masa pandemi ini, melakukan tes untuk mengetahui terinfeksi atau tidaknya Anda dan keluarga dari virus corona baru sangatlah penting. Jika terinfeksi, Anda bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat. Jika hasil tes negatif, perasaan Anda pun bisa lebih tenang dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Masalahnya, kebanyakan orang masih mengeluhkan harga tes yang relatif tinggi. Terkait hal ini, Anda sebenarnya dapat mencari berbagai promo tes Covid 19 yang sesuai kantong dan kebutuhan Anda. Seperti yang kebanyakan orang sudah tahu, tes Covid ada beraneka rupa berdasarkan cara dan tingkat akurasinya. 

Jadi, sebaiknya mencari promo tes Covid 19 yang seperti apa? Jika Anda memiliki pertanyaan tersebut, lebih baik kenali dulu tes-tes Covid 19 yang ada saat ini, yuk. 

Tes Usap PCR (Polymerase Chain Reaction)

Tes usap polymerase chain reaction (PCR) merupakan jenis tes yang dinilai memiliki keakuratan paling tinggi untuk mendeteksi ada tidaknya virus corona baru yang menjangkiti tubuh Anda. Tes corona yang satu ini memakai lendir dari hidung atau tenggorokan Anda sebagai sampel. Tes usap PCR dapat mendeteksi material genetik virus corona berupa DNA maupun RNA. Tes yang menjadi jenis tes standar di dunia ini memiliki akurasi hingga 90 persen, namun membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Jika memiliki promo tes Covid-19 berupa PCR, hasil bisa Anda peroleh dalam selang 1—3 hari. 

Tes Usap Antigen 

Tes usap antigen juga memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi, namun masih di bawah tes usap PCR. Kelebihan dari tes usap antigen adalah waktu pemerolehan hasil yang relatif cepat, tidak mencapai 10 menit. Lewat tes ini, keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan bisa diidentifikasi. Tes ini dapat mengecek ada tidaknya infeksi virus corona sejak virus tersebut baru menginfeksi Anda. Harga untuk tes ini pun relatif lebih murah dibandingkan tes usap PCR. 

Tes Cepat Molekuler

Promo tes Covid 19 yang berjenis tes cepat molekuler memang jarang ditemui. Namun, tes ini dapat menjadi alternatif untuk mendeteksi terinfeksi atau tidaknya diri Anda oleh virus corona baru. Tingkat akurasi tes cepat molekuler pun cukup tinggi, sama seperti tes usap PCR. Tes ini mengidentifikasi RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa melakukan pendeteksian virus. Tes cepat molekuler tidak begitu populer karena biaya tesnya yang lebih mahal daripada tes lain. Harga tes yang mahal karena cartridge yang digunakan harus diimpor langsung. 

Tes Serologi 

Tes serologi antibodi sebenarnya termasuk ke dalam tes rapid. Namun, ketika melakukan tes serologi ini, sampel darah Anda akan diambil dan dimasukkan ke tabung darah untuk nantinya di proses di laboratorium. Sama seperti tes rapid, test serologi mengecek ada tidaknya infeksi virus corona baru di tubuh dengan mendeteksi antibodi, baik Imunoglobulin M (IgM) atau Imunoglobulin G (IgG), di dalam darah. 

Tes Rapid Antibodi 

Promo tes Covid 19 yang berjenis tes rapid antibodi umumnya memiliki harga yang paling murah dibandingkan jenis tes lain. Jenis tes ini mendeteksi infeksi virus corona baru melalui ada tidaknya immunoglobulin yang sudah terbentuk di tubuh Anda.  Pemeriksaanya terbilang sangat simpel dan bisa dilakukan di mana saja. Hanya membutuhkan waktu maksimal 20 menit untuk Anda bisa mendapatkan hasil reaktif atau tidaknya diri Anda dari virus corona baru. Namun, tes rapid antibodi memiliki akurasi paling rendah. Pasalnya, virus tidak bisa terdeteksi apabila menjangkiti tubuh Anda kurang dari 7 hari. 

Jangan ragu untuk melakukan tes jika menemukan promo tes Covid 19. Semakin sering melakukan tes, semakin Anda akan merasa nyaman dan mengantisipasi pula menjadi penular bagi sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *