Sakit Perut Setelah Melahirkan dengan Cara Sesar, Bagaimana Meredakannya?

Operasi sesar akan meninggalkan bekas sayatan yang menimbulkan nyeri serta mengganggu. Biasanya ibu membutuhkan waktu kurang lebih 6 minggu sampai benar-benar pulih. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Akan tetapi, sebelum mempraktikkan cara-caranya, ada baiknya untuk mengetahui penyebab sakit perut setelah melahirkan dengan cara C-section atau sesar.   

Penyebab

Rasa sakit dan nyeri disebabkan karena beberapa faktor yang hampir sama dengan metode persalinan normal. Hanya saja beberapa orang menilai kondisi setelah operasi sesar mengakibatkan rasa sakit dan nyeri yang lebih tingggi akibat luka sayatan dan jahitan. 

  • Nyeri bagian sayatan

Nyeri bekas sayatan dan luka bagian dalam normal terjadi pada ibu hamil yang melahirkan dengan metode sesar. Nyeri akan semakin terasa ketika bersin atau batuk. Setelah luka mengering, bekasnya akan terus ada dalam waktu yang lama bahkan bisa sampai seumur hidup. Anda hanya bisa memudarkan bekas luka, bukan menghilangkannya.  

  • Nyeri alami setelah melahirkan

Uterus akan kembali ke ukuran normal sebelum hamil sehingga menyebabkan kram bagian perut. Biasanya kram terjadi beberapa hari setelah melahirkan, uterus pun akan kembali ke bentuk semula dalam waktu 6 minggu. Ibu dengan kelahiran anak pertama justru mengalami rasa sakit yang lebih ringan karena otot rahim yang lebih kuat.

  • Konstipasi

Beberapa perempuan mengalami konstipasi atau sembelit setelah melahirkan. Hari-hari setelah melahirkan, proses BAB memang terasa lebih menyakitkan karena harus mengejan, belum lagi jika tekstur feses padat dan keras. BAB yang tidak tuntas menambah rasa sakit perut setelah melahirkan. 

Cara mengatasi

Rasa sakit setelah melahirkan terlebih menggunakan metode sesar sangat normal terjadi dan akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun, jika dirasa menggangu aktivitas, Anda bisa menggunakan cara-cara pengobatan medis maupun aktivitas pendukung lainnya. 

  1. Konsumsi obat anti-nyeri

Beberapa obat pereda nyeri yang mungkin akan direkomendasikan diantaranya ibuprofen, acetaminophen, dan sebagainya. Akan lebih baik, apabila Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan resep pereda nyeri yang aman untuk ibu menyusui dan cocok dengan kondisi Anda.  

  1. Hindari mengangkat benda berat 

Ukuran berat tidaknya suatu benda yang ingin Anda angkat yaitu berat bayi Anda sendiri. Jika berat benda melebihi berat bayi, sebaiknya hindari mengangkatnya selama beberapa minggu setelah melahirkan. Istirahat dan berbaring merupakan cara paling mudah dan aman untuk menghilangkan sakit perut.  

  1. Aromaterapi

Rasa sakit tidak hanya mengganggu secara fisik, namun juga secara mental yang nantinya ditakutkan akan berpengaruh ke kesehatan bayi. Sebuah studi menyebutkan bahwa aromaterapi lavender dapat mengurangi rasa sakit setelah operasi sesar. Selain itu, aromaterapi lavender juga mampu meringankan stres akibat kelelahan mengurus bayi.

  1. Gunakan pakian longgar dan nyaman

Pakaian yang ketat akan semakin meningkatkan rasa nyeri karena perut mendapatkan tekanan. Menggunakan pakaian ketat juga akan membuat kulit lebih cepat berkeringat dan berpotensi menimbulkan iritasi jika dibiarkan terus menerus.  

Kapan harus menghubungi dokter? 

American College of Obstetricians dan Gynecologist menganjurkan untuk tetap melakukan check up rutin setelah melahirkan. Anda bisa menghubungi petugas medis atau dokter 3 minggu setelah melahirkan. Dalam rentang minggu ke-6 hingga ke-12 lakukan check up kembali untuk mengevaluasi kesehatan Anda secara menyeluruh. Akan tetapi, jika sebelum waktu-waktu tersebut atau diantara waktu tersebut mengalami keluhan berikut ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter secepatnya.

  • Area bekas jahitan berubah menjadi merah dan bengkak
  • Demam dan rasa sakit semakin parah dari hari ke hari
  • Pendarahan semakin banyak dan darah berawarna merah terang
  • Kedua sisi tubuh Anda, kiri dan kanan, terasa lembut dan empuk
  • Mual dan muntah semakin sering dan parah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *