Sebelum Tes Swab PCR, Persiapkan Dulu Hal-hal Ini

Tes swab PCR merupakan salah satu pemeriksaan Covid-19 yang cukup umum dilakukan. Bahkan, tes ini telah diakui World Health Organization (WHO) sebagai standar tes Covid-19 yang paling akurat. 

PCR sendiri merupakan singkatan dari polymerase chain reaction. Tes PCR ini merupakan teknik laboratorium yang melibatkan tes molekuler, bekerja dengan cara mendeteksi materi genetik virus.

Persiapan menjalani tes swab PCR di laboratorium

Tidak seperti rapid test antigen, tes ini memerlukan proses yang lebih lama. Akan tetapi, pengambilan sampelnya cukup singkat dan tak jauh berbeda dengan cara pengambilan sampel untuk tes antigen. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani tes:

  • Memilih durasi hasil tes

Setiap fasilitas kesehatan memerlukan durasi yang berbeda-beda untuk memproses sampel dan mengeluarkan hasil tes. Sebelum melakukan tes, Anda akan diminta untuk memilih durasi yang diinginkan jika ada. 

Umumnya, tes PCR membutuhkan durasi paling cepat satu hari sampai dengan satu minggu. Hal ini tergantung pada kapasitas laboratorium. Semakin cepat durasi yang Anda inginkan, maka akan semakin mahal juga biaya yang perlu dikeluarkan.

  • Mencari tahu informasi seputar tes swab PCR

Sebaiknya, cari tahu dulu informasi secara mendalami mengenai tes jenis ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang terjadi ketika melakukan tes nanti.

Anda bisa menanyakan informasi seputar tes pada orang terdekat. Atau, bisa juga dengan berkonsultasi secara langsung dengan pihak fasilitas kesehatan tempat Anda akan melakukan tes. 

Dua jenis tes PCR

Umumnya, ada dua pilihan jenis tes PCR yang bisa dilakukan, yaitu tes drive through atau tes langsung di fasilitas kesehatan. 

  • Tes drive through

Seperti layanan drive through pada umumnya, tes swab PCR dengan metode drive through bisa dilakukan hanya dengan tetap berada di dalam mobil. Anda akan diarahkan ke lokasi tes dengan mobil.

Pengambilan sampel pun tetap dilakukan saat Anda berada di dalam mobil. Anda tinggal membuka jendela mobil untuk memudahkan tenaga medis dalam pengambilan sampel. 

Metode ini banyak disukai karena dianggap lebih cepat. Selain itu, tes melalui drive through juga dianggap lebih aman karena Anda tidak perlu berinteraksi dengan orang lain. 

  • Tes langsung di tempat

Selain metode drive through, tes swab PCR juga tetap bisa dilakukan secara langsung di lokasi pelaksanaan tes. Semua proses yang akan dilalui tetap sama. Perbedaan hanya ada pada lokasi pelaksanaannya.

Biasanya, untuk pemeriksaan yang langsung di tempat, Anda akan ditemani oleh seorang petugas yang akan memandu Anda dari awal sampai akhir, mulai dari proses registrasi hingga pembayaran pada akhir tes. 

Bisakan tes PCR dilakukan secara mandiri di rumah?

Beberapa negara menyediakan layanan tes PCR secara mandiri di rumah. Caranya dengan membeli alat pengambilan sampel kemudian mengirimkan hasil sampel tersebut ke laboratorium.

Akan tetapi, metode ini mungkin kurang aman, karena tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk mengambil sampel seperti tenaga medis. Selain itu, Anda juga harus yakin proses pengiriman sampel ke laboratorium dilakukan dengan benar. Ada risiko kerusakan karena durasi pengiriman. 

Oleh sebab itu, sejauh ini, tes swab PCR tetap paling cocok dilakukan secara langsung di fasilitas kesehatan, seperti di rumah sakit, klinik, ataupun di laboratorium. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *