Sepeda Roda Tiga Vs Balance Bike, Mana yang Lebih Baik?

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh orang tua agar si kecil bisa mengendarai sepeda. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikannya sepeda roda tiga atau balance bike. Apa bedanya?

Buat yang masih asing dengan istilah balance bike, tentu Anda penasaran untuk apa benda ini dan apakah ini aman untuk anak-anak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai.

Merek sepeda roda tiga yang bagus

Mengenal Perbedaan Balance Bike dengan Sepeda Roda Tiga

Sebelum membelikan si kecil sepeda roda tiga ataupun balance bike, Anda perlu mengetahui berbagai perbedaan berikut ini.

  1. Balance bike

Mungkin balance bike atau sepeda keseimbangan belum terlalu populer di Indonesia. Akan tetapi, sepeda keseimbnagan ini unik karena tidak memiliki pedal. 

Secara fisiknya, sepeda yang satu ini seperti sepeda biasa. Hanya saja tempat duduknya diposisikan lebih rendah dan tidak terdapat pedal. Tujuan dari balance bike ini untuk melatih keseimbangan si kecil. Dia bisa berlatih untuk menggerakkan sepeda dan mengerem dengan langkah kaki.

  1. Sepeda roda tiga

Sepeda roda tiga ini sudah populer digunakan masyarakat Indonesia. Biasanya anak-anak sebelum menggunakan sepeda roda dua akan mulai dari sepeda roda tiga.

Tricycle atau sepeda roda tiga ini untuk melatih keseimbangan anak-anak. Terdapat pedal dan rem untuk mengaruh dan juga menghentikan gerakan sepeda. 

  1. Usia penggunaan

Jika dari penjelasan di atas membuat Anda masih bingung, nah Anda perlu menyesuaikan penggunaan sepeda dengan usia anak. 

Anak yang berumur 2-5 tahun biasanya belum memiliki keseimbangan yang bagus, sehingga cocok jika menggunakan balance bike. Namun, karena di Indonesia penggunaan balance bike masih belum familiar, maka bisa menggunakan sepeda roda tiga. 

  1. Sepeda roda tiga dan balance bike memiliki kelebihan masing-masing

Meskipun masih banyak perbedaan pendapat terkait penggunaan sepeda roda tiga maupun balance bike, namun kedua jenis sepeda ini punya kelebihan masing-masing.

kelebihan sepeda roda tiga adalah:

  • Harga lebih terjangkau
  • Anak akan lebih mudah berlatih mengayuh sepeda karena memiliki pedal
  • Mudah dicari di pasaran

Adapun kelebihan balance bike adalah sebagai berikut:

  • Balance bike mudah dipakai, bahkan bisa digunakan oleh anak-anak sejak berusia 18 bulan
  • Membuat anak-anak lebih percaya diri karena sudah dapat mengendalikan sepeda dengan kedua kakinya dan rem di tangan
  • Risiko anak terjatuh dari sepeda bisa jadi lebih kecil
  • Anak sudah belajar menyeimbangkan tubuh sejak dini dengan balance bike dan dapat mendorongnya.
  1. Mana lebih baik sepeda roda tiga atau balance bike?

Nah, sebenarnya banyak sekali website yang menyebut bahwa penggunaan balance bike untuk anak balita lebih dianjurkan. Sebab, balance bike ini mengajarkan anak skill atau keahlian menyeimbangkan tubuh. Sebab, saat mengendarai sepeda sungguhan, diperlukan keahlian menyeimbangkan tubuh dengan baik. Sedangkan sepeda roda tiga tidak mengajarkan hal ini pada anak.

Sepeda roda tiga, biasanya juga berisiko terjungkal jadi lebih berpotensi mengalami cedera. Akan tetapi, ujung-ujungnya, anak perlu mempelajari keseimbangan tubuh. 

Penggunaan balance bike membuat Anda lebih mudah beradaptasi menggunakan sepeda roda dua. 

Rekomendasi Balance Bike yang Bisa DIbeli

  1. Bike8 children racing 

Balance bike dari Bike8 ini cukup ringan untuk usia anak. Bodi sepeda keseimbangan ini terbuat dari bahan alumunium antikarat sehingga tahan lama. 

  1. Konig Kids 2in1

Anak yang menginjak usia 2 tahun bisa diberikan balance kids dari Konig Kids 2in1 ini. Desain yang lebih kecil ini membuatnya cocok untuk si kecil yang punya postur lebih kecil. Selain itu, ada 2 roda bagian belakang yang membuatnya lebih mampu menjaga keseimbangan anak. 

  1. London Taxi Kickbike

Berat bodi dari sepeda keseimbangan yang satu ini hanya 2,9 kg saja jadi sangat mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, sadel sepeda ini juga bisa diatur dan disesuaikan dengan tinggi anak.

  1. Ranato balance bike

Ada pula sepeda keseimbangan Ranato balance bike yang bodinya lebih kokoh. Sepeda ini juga bisa dikendarai di berbagai medan juga. Jadi bisa sambil mengenalkan alam bebas pada si kecil.

  1. Element push bike

Jika Anda mencari sepeda keseimbangan yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama, bisa memilih balance bike dari Element. Sebab, sepeda ini bisa digunakan oleh anak berusia 18 bulan hingga 4 tahun. Sebab, sepeda ini bisa diatur sesuai dengan tinggi badan si kecil.

Itulah beberapa kelebihan dari balance bike vs sepeda roda tiga yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini membantu Anda memilih sepeda apa yang cocok untuk usia si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *