Serat: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Tubuh

Serat: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Tubuh

Ketika diet atau sulit buang air besar Anda mungkin sering direkomendasikan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya serat. Pasalnya, serat memang  terbukti dapat melancarkan pencernaan. Biasanya kandungan serat tinggi ditemui pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Lantas, apa itu serat?

Definisi Serat

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau dipecah tubuh menjadi molekul gula. Hal ini tentu berbeda dengan lemak, protein, dan karbohidrat yang dapat dipecah tubuh. Jadi, ketika masuk ke dalam tubuh, serat hanya akan melewati usus dan dikeluarkan melalui anus. 

Meskipun demikian, dalam perjalanannya melewati organ tubuh, serat memiliki sejumlah peran penting. Misalnya, ketika melewati usus, zat gizi ini akan mengikat air dan melancarkan pencernaan sehingga Anda tidak mengalami sembelit. 

Jenis-jenis Serat

Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Berikut perbedaan keduanya. 

1. Serat larut dalam air

Jenis serat yang satu ini akan membentuk gel. Gel inilah yang berperan dalam melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, serat larut dalam air juga dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan mengendalikan kadar glukosa. Makanan yang kaya akan serat larut dalam air di antaranya oatmeal, kacang-kacangan, apel, blueberry, dan lentil.

2. Serat tidak larut dalam air

Serat tidak larut dalam air akan menarik air ke dalam feses sehingga membuatnya jadi lebih lunak dan mudah saat melewati saluran pencernaan. Jenis serat ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami sembelit.

Biasanya serat tidak larut dalam air bisa Anda temui pada gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. 

Lalu, bagaimana cara memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung kedua jenis serat ini? Tenang saja, Anda tidak perlu pusing memikirkan hal itu. Pada dasarnya, makanan yang tinggi serat sudah mengandung serat larut dalam air maupun tidak. 

Melansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, untuk wanita dewasa disarankan untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari, sedangkan pria dewasa 38 gram per hari. 

Manfaat Serat untuk Tubuh

Selain dapat melancarkan pencernaan, serat juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Itulah sebabnya, zat gizi ini tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa manfaat dari serat. 

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu penyebab Anda mengalami sembelit adalah kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi serat saat mengalami sembelit guna memperlancar saluran pencernaan. 

Sifat serat yang menyerap air sehingga dapat menambah berat dan ukuran feses. Zat gizi ini juga dapat melunakkan tekstur feses sehingga lebih mudah saat dikeluarkan melalui anus. Jika tinja yang dihasilkan lunak dan berair, serat dapat membantu memadatkannya karena serat yang terdapat dalam kotoran mampu menyerap air sehingga tinja pun menjadi padat. 

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain yang diberikan oleh serat adalah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), khususnya serat yang larut dalam air. Kolesterol jahat akan diikat oleh serat sebelum tubuh sempat menyerapnya. Kemudian, membuang kelebihan kolesterol jahat ini melalui feses. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda bisa tetap stabil.

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat menjaga kesehatan jantung, seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. 

3. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat serat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes, terutama serat larut dalam air. Serat jenis ini dapat memperlambat penyerapan gula sehingga gula darah tidak akan naik dengan cepat. Tak hanya itu, mengonsumsi serat jenis tidak larut dalam air pun dapat menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. 

4. Membantu mencapai berat badan yang ideal

Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Sebab, makanan yang tinggi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun berkurang. Selain itu, kalori yang terdapat pada makanan tinggi serat juga lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *