Sering Diajarkan di Sekolah, Ini Jenis-Jenis Senam Ketangkasan

Di sekolah dasar, senam ketangkasan menjadi salah satu bentuk latihan yang diajarkan dalam pelajaran olahraga. Dibandingkan dengan senam-senam jenis lainnya, senam ini lebih fokus pada aspek keterampilan dan penampilan.

Senam ketangkasan merupakan kumpulan latihan senam yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Senam ini melibatkan aktivitas latihan dalam bentuk senam lantai, senam alat, dan aktivitas lainnya.

Jenis-jenis latihan senam ketangkasan

Saat melakukan senam jenis ini, Anda harus melakukan senam dengan penampilan yang bagus disertai sikap dan gaya yang menarik. Berhasil atau tidaknya senam ini akan ditentukan oleh sikap tubuh Anda ketika melakukannya, serta kemampuan dalam melakukan senam dasar.

Ada beberapa jenis senam yang dilakukan untuk melatih ketangkasan. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Ketangkasan meloncat

Ketangkasan meloncat merupakan salah satu jenis senam untuk melatih ketangkasan yang dilakukan dengan gerakan melompat. Senam ini dilakukan dengan mempertimbangkan faktor kekuatan serta kecepatan.

Kegiatan ketangkasan meloncat terdiri atas beberapa gerakan, yaitu loncat tegak, loncat split, dan loncat menyudut. Loncat tegak dilakukan dengan menekuk kedua lutut, dengan kedua lengan bergantung di belakang. Setelah itu, kedua kaki melompat setinggi-tingginya, diikuti oleh kedua lengan yang terangkat ke atas.

Sementara, loncat split dilakukan dengan gerakan menyerupai split. Kedua kaki ditekuk dan kedua lengan diposisikan di belakang punggung. Lalu, loncat dengan kedua kaki setinggi mungkin, tapi kaki diluruskan, satu ke depan dan satu ke belakang.

Terakhir, loncat menyudut dilakukan dengan melompat ke atas, namun kedua kaki diluruskan ke depan, diikuti dengan kedua tangan terangkat ke atas atau diluruskan ke depan.

  • Berdiri pada kepala (head stand)

Gerakan head stand menuntut Anda untuk menjalaninya dengan tenang, penuh keseimbangan, serta mempertimbangkan keterampilan. Pada sikap awal, Anda harus berdiri dengan posisi telapak kaki sejajar. Kemudian, letakkan kedua tangan di atas matras selebar bahu.

Secara perlahan, posisikan dahi di antara kedua tangan Anda. Angkat kaki Anda, dimulai dari jari kaki sampai posisi punggung lurus ke atas. Setelah itu, pastikan untuk menjaga keseimbangan dalam posisi ini.

Pastikan kaki untuk menjalar lurus ke atas. Jika Anda kehilangan keseimbangan di tengah gerakan ini, segera turukan kembali kaki Anda agar tidak terjatuh.

Saat melakukan gerakan ini, penting bagi Anda untuk memastikan punggung berada pada posisi lurus, tidak melengkung atau condong ke depan. Punggung yang melengkung akan menyebabkan tubuh terdorong ke depan, sehingga Anda lebih mudah kehilangan keseimbangan.

  • Lenting kepala (head spring)

Gerakan yang satu ini sebaiknya hanya dilakukan apabila Anda telah menguasai gerakan head stand. Gerakan ini merupakan bagian dari senam ketangkasan yang dimulai dengan posisi berdiri di kepala terlebih dahulu.

Pertama-tama, Anda perlu meletakkan kepala pada matras. Kemudian, rendahkan punggung ke arah belakang. Perlahan-lahan, posisi kaki Anda akan ikut terdorong ke belakang.

Pada saat ini, gerakkan kaki Anda ke belakang sampai kedua kaki mendarat di lantai. Setelah itu, akhiri gerakan dengan sikap jongkok.

Apabila Anda kesulitan memulai gerakan head spring dengan berdiri pada kepala, Anda juga bisa menyesuaikannya agar posisi berdiri tidak bertumpu pada kepala, melainkan pada tengkuk.

Masih ada banyak gerakan senam ketangkasan lainnya yang umumnya diajarkan kepada murid sekolah dasar. Sebaiknya, pelaksanaan gerakan-gerakan ini dilakukan di bawah pengawasan kaum profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *