Simak Cara Ampuh Redakan Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk berdahak adalah salah satu penyakit yang sering menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh anak. Saat terkena batuk berdahak, anak juga akan memunculkan  gejala flu seperti hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan, pusing, mata berair, nyeri sendi, hingga demam. 

Namun,  gejala ini bisa berbeda-beda tiap anak. Saat keluhan tersebut terjadi pada anak, orang tua tentu akan khawatir dan terus memikirkan bagaimana cara serta penanganan yang tepat agar batuk bisa segera hilang. Sebab, keluhan batuk berdahak yang terjadi membuat anak merasa tidak nyaman akibat saluran pernapasannya dipenuhi oleh dahak serta lendir. 

Belum lagi, flu serta demam yang dirasakan dapat membuat anak lemas dan akhirnya kesulitan untuk beraktivitas. Sebenarnya, sebagian besar batuk berdahak yang disertai flu dapat bisa sembuh dengan sendirinya, namun akan memakan waktu berminggu-minggu. Itulah pentingnya orangtua mengetahui bagaimana  cara penanganan yang tepat untuk keluhan batuk berdahak pada anak agar penyakit ini bisa segera diatasi dan tidak mengganggu aktivitasnya. Beberapa hal berikut dipercaya dapat meredakan keluhan batu batuk berdahak pada anak:

  1. Pastikan anak minum banyak cairan

Penting untuk memastikan anak tetap tercukupi kebutuhan airnya terlebih saat sedang sakit. Selain harus terus cukup, akan lebih baik jika anak minum air hangat. Air hangat dapat melemaskan tenggorokan sehingga bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul pada tenggorokan akibat batuk. Kemudian, air yang diminum dalam suhu hangat-hangat kuku dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan saat anak mengalami keluhan batuk berdahak.

  1. Jaga kelembaban kamar tidurnya

Menjaga kelembaban udara juga hal penting yang harus diperhatikan saat anak terkena batuk dan flu. Udara yang kering dapat meningkatkan resiko batuk dan flu semakin parah. Sebab, saat tenggorokan dan saluran pernapasan kering akibat udara yang tidak memiliki kelembaban yang baik, hal ini justru  menyebabkan mudahnya terjadi iritasi dan peradangan pada saluran pernapasan. 

  1. Konsumsi obat batuk anak yang sesuai

Langkah selanjutnya adalah beri obat batuk yang sesuai untuk mengurangi keluhan batuk berdahak pada anak. Anda dapat mencoba Nellco Special OBH Madu 100 ml untuk mengurangi keluhan tersebut. Di Dalam obat ini terdapat kandungan glychirizae succus yang berasal dari sari akar manis yang mampu meringankan keluhan batuk dengan membuat dahak menjadi lebih encer sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan. Nelco Spesial OBH Madu juga mampu mengurangi keluhan hidung berair atau tersumbat yang terjadi pada anak, mengurangi sakit kepala, serta membantu menurunkan demam. Berikan ½ sendok takar sirup obat batuk, 3-4 kali sehari. Akan lebih baik jika meminumnya menggunakan air hangat.

  1. Berikan ramuan herbal 

Salah satu ramuan herbal yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi batuk berdahak pada anak adalah madu dengan lemon. Cukup campurkan segelas air hangat dengan madu kemudian beri perasan lemon secukupnya. Minuman ini dipercaya mampu untuk menenangkan tenggorokan yang sedang batuk. Kemudian, vitamin C tinggi yang terdapat pada buah lemon juga dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak sehingga dapat melawan infeksi serta peradangan yang terjadi akibat batuk. 

  1. Berikan buah tinggi vitamin C

Vitamin C sangat baik dikonsumsi untuk terus menjaga daya tahan tubuh agar imun tubuh tetap kuat. Saat imun tubuh terjaga, penyakit yang diderita anak pun bisa lebih pulih dengan lebih cepat. Anda dapat memberikan anak buah jeruk, jambu, anggur, kiwi, pepaya, serta strawberry.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Inilah sebabnya anak harus tercukupi jam tidurnya agar bisa lebih cepat pulih dari penyakit. Setidaknya, anak harus mendapat 9-11 jam tidur per harinya agar  kecukupan waktu tidur terpenuhi.

Itulah beberapa cara ampuh yang dapat Anda coba untuk meredakan keluhan batuk berdahak pada anak. Memastikan anak selalu tercukupi kebutuhan cairannya, serta mengkonsumsi obat batuk anak yang sesuai adalah hal yang dapat orangtua lakukan untuk meredakannya.

Jangan lupa juga untuk perhatikan asupan vitamin lewat buah, serta memastikan beristirahat dengan cukup. Jika keluhan batuk berdahak tak juga kunjung membaik setelah melakukan hal tersebut, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Karena ditakutkan, batuk berdahak yang terjadi pada anak bisa jadi salah satu tanda penyakit serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *