Sulit Bangun Tidur? Begini Cara Bangun Pagi yang Efektif

Banyak orang mengalami kesulitan untuk bisa bangun tepat waktu di pagi hari. Tidak jarang, keinginan untuk melanjutkan tidur membuat Anda menjadi sering kesiangan. Anda mungkin perlu mengetahui cara bangun pagi yang efektif untuk mengatasi hal ini.

Untuk bisa bangun pagi dengan efektif, Anda perlu memiliki kualitas tidur yang baik. Artinya, kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur juga akan mempengaruhi bagaimana Anda bangun pagi keesokan harinya.

Cara bangun pagi agar tidak kesiangan

Supaya Anda tidak sering kesiangan, berikut ini beberapa cara bangun pagi yang bisa Anda ikuti:

  • Cahaya alami

Tubuh manusia memerlukan cahaya alami untuk bisa mengatur ulang pengaturan waktu di dalam tubuh. Dengan mendapatkan cahaya alami, tubuh akan lebih siap untuk memulai hari yang baru.

Apabila tempat tinggal Anda tidak mudah diakses dengan cahaya alami, Anda bisa memanfaatkan cahaya dari lampu ruangan. Tanpa adanya cahaya, tubuh Anda akan lebih sulit untuk bangun.

  • Hindari melihat layar sebelum tidur

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa menatap layar sebelum tidur, baik itu layar ponsel, laptop, tab, dan lain sebagainya. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini. Hentikan melihat layar setidaknya 30 menit sampai satu jam sebelum Anda tidur.

Sebagai gantinya, ketika akan tidur, cobalah untuk menfokuskan pikiran pada hal-hal yang terjadi pada Anda di hari itu. Hal ini akan menjadi sesi refleksi dan membuat Anda bisa tidur dengan lebih lelap.

  • Jangan menyentuh ponsel saat bangun tidur

Pembatasan penggunaan ponsel juga perlu dilakukan setelah bangun tidur. Hal ini berpotensi menganggu aktivitas Anda di hari tersebut, apalagi kalau Anda memeriksa media sosial atau berita yang berisi informasi negatif.

Apabila Anda terbangun lebih cepat dari waktu yang ditentukan, Anda bisa menghabiskan waktu itu untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat. Misalnya olahraga sederhana di tempat tidur, meditasi, dan lain sebagainya.

  • Selesaikan konflik

Terkadang, hal yang membuat kita sulit bangun pagi adalah konflik yang terbawa hingga saat menjelang tidur. Salah satu contohnya adalah konflik dengan pasangan.

Setelah bangun tidur, Anda mungkin akan teringat kembali pada konflik tersebut. Ini akan membuat Anda lebih sulit untuk bangun. Karena itu, sebaiknya selesaikan semua konflik sebelum waktunya Anda tidur, agar bisa bangun pagi dengan lebih efektif.

  • Minum air

Setelah bangun tidur, banyak orang tidak sadar malah melanjutkan tidurnya kembali. Hal inilah yang akan memicu Anda menjadi kesiangan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara bangun pagi yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum air mineral.

Jangan menjadikan kopi atau teh sebagai minuman pertama yang Anda konsumsi setelah bangun tidur. Hal ini tidak baik untuk metabolisme Anda. Tubuh Anda tetap memerlukan cairan dari air mineral agar tetap terhidrasi.

  • Hindari tombol “snooze”

Banyak orang menyalakan alarm di pagi hari, namun menekan tombol “snooze” berulang-ulang untuk menunda waktu bangun. Anda mungkin tidak menyadari bahwa hal ini sebenarnya tidak sehat untuk tubuh Anda.

Snooze” berulang kali akan mengacaukan jam internal dalam tubuh Anda. Tubuh menjadi lebih sulit untuk bangun dalam keadaan segar. Selain itu, saat akhirnya Anda terbangun, Anda akan lebih rewel dan pening.

Itulah beberapa cara bangun pagi yang efektif untuk menghindari kesiangan. Lakukan cara-cara di atas untuk mendapatkan kebiasaan bangun pagi yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *