Tidak Kalah dari Susu Sapi, Ini Manfaat Susu Kambing

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik, khususnya bagi anak-anak. Ketika berbicara soal susu ini, kebanyakan orang akan langsung mengaitkannya dengan susu yang berasal dari sapi. Padahal, penghasil susu tentu bukan hanya sapi. Salah satunya ada pula susu kambing. 

Susu kambing pun sangat layak dan perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi anak maupun orang dewasa secara rutin. Soalnya, manfaat susu kambing tidak kalah hebatnya dibandingkan manfaat susu sapi yang selama ini menjadi minuman favorit banyak orang. Manfaat susu kambing hanya kurang terekspose sehingga banyak orang belum mengonsumsi jenis susu hewani yang satu ini. 

Anda sendiri selama ini sudah pernah mengonsumsi susu kambing atau belum? Cek manfaat-manfaat susu kambing di bawah ini dan Anda bisa saja langsung tertarik untuk mengonsumsi susu kambing karena menginginkan merasakan manfaatnya yang luar biasa. 

Menguatkan dan Memelihara Tulang 

Seperti susu pada umumnya, manfaat susu kambing yang paling nyata adalah menguatkan dan memelihara tulang Anda. Ini karena kandungan kalsium yang tinggi dalam susu kambing ternyata sebanding dengan yang ada pada susu kambing. Ketika Anda mengonsumsi segelas susu kambing dengan ukuran 250 mililiter, Anda bisa memperoleh 335 miligram kalsium dari produk hewani yang satu ini. Dengan tulang yang kuat dan terpelihara, risiko osteroporosis pun dapat dipangkas. 

Meningkatkan Kecerdasan 

Tentu saja manfaat susu kambing yang satu ini baru bisa dirasakan jika jenis susu hewani ini dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, susu kambing mengandung vitamin B2 dan B3 yang mampu mendukung tumbuh kembang sel otak dan sistem saraf. Mengonsumsi susu kambing secara rutin pada akhirnya bisa membuat kinerja otak maksimal sehingga kecerdasan pun dapat didongkrak. Karena alasan ini pulalah, banyak ibu hamil rutin mengonsumsi susu kambing dengan harapan kecerdasan janin bisa ditingkatkan. 

Melembapkan Kulit secara Maksimal 

Kulit yang lembap adalah kunci utama agar Anda tidak terkena beragam masalah kulit, seperti gatal-gatal, ruam, sampai eksim. Anda mungkin tidak menyangka bahwa kelembapan dan kesehatan kulit sangat bergantung pada mineral zinc dari apa yang Anda makan atau minum. Dibandingkan jenis susu lainnya, susu kambing memiliki kandungan zinc yang tinggi hingga mencapai 0,75 miligram dalam tiap gelasnya yang berukuran 250 mililiter. Karena alasan ini pula, banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan bakunya. 

Mengontrol Gula Darah 

Mengidap penyakit diabetes bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi susu. Justru dengan mengonsumsi susu kambing, gula darah Anda dapat lebih terkontrol. Adanya kandungan A2-Betakasein dan asam amino esensial melahirkan manfaat susu kambing untuk membantu pembentukan insulin dalam tubuh. Dengan insulin yang mencukupi, gula darah pun menjadi lebih terjaga. 

Sistem Pencernaan Lebih Sehat 

Kalau Anda sering bermasalah dengan masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, atau mulas; cobalah mengganti susu sapi Anda dengan susu kambing. Susu kambing memang lebih nyaman untuk sistem pencernaan karena lebih mudah untuk diserap dan dicerna. Yang lebih penting lagi, susu kambing mengandung prebiotik yang dapat menjadi makanan bakteri baik dalam tubuh Anda jadi metabolime maupun imunitas tubuh dapat ditingkatkan, risiko terkena penyakit pun dapat diperkecil. 

Mengobati Asma 

Manfaat susu kambing juga sangat penting bagi orang yang menderita asma. Susu hewani yang satu ini mengandung flourin dan betakasein. Kedua mineral yang ada dalam susu kambing ini dapat mengatasi gangguan pernapasan, tidak terkecuali yang ditimbulkan oleh asma. Tidak jarang susu kambing pun digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mencegah serangan penyakit kambuhan yang satu ini. 

Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jenis susu lain selain susu kambing. Manfaat susu kambing siap menanti Anda apabila rutin mengonsumsinya. Rasa susu kambing pun bisa membuat Anda cepat doyan karena terasa lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *