Tips & Trik Pilih Body Lotion sesuai Jenis Kulit agar Manfaatnya Maksimal

Perawatan tubuh merujuk pada kegiatan menjaga kesehatan kulit tubuh, termasuk di dalamnya menggunakan body lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Baik wanita maupun pria, direkomendasikan untuk secara rutin melakukan perawatan tubuh dengan body lotion ini. 

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih produk body lotion, pertimbangkanlah untuk memilih kandungan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pasalnya, kondisi kulit setiap individu berbeda-beda, begitu pula dengan kandungan manfaat dalam body lotion. Simak penjelasannya di bawah ini.

Memilih body lotion sesuai jenis kulit

  • Kulit normal

Umumnya, bagi pemilik kulit normal, pilihan produk body lotion tersedia dalam jumlah variasi yang lebih beragam, karena tidak memiliki perhatian atau masalah kulit tertentu. Sebagai rekomendasi, pilihlah body lotion yang mengandung hyaluronic acid, shea butter, maupun kandungan lain dengan antioksidan, seperti green tea, grape seed, maupun vitamin C. Dengan begitu, kulit Anda senantiasa terlindungi dari polusi dan kotoran.

  • Kulit kering

Biasanya, kondisi kulit kering sering kali muncul di area tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki. Permasalahan kulit kering ini perlu diatasi dengan body lotion yang kaya akan pelembap dan nutrisi. Sebagai pilihan, Anda dapat membeli produk body lotion dengan kandungan hyaluronic acid dan niacinamide yang akan membantu kulit agar tetap terhidrasi. Di samping itu, Anda juga dapat memilih body lotion dengan kandungan glycerin maupun propylene glycol yang menjaga kandungan air tetap dalam kulit. Bahan lanolin dan petrolatum juga berguna dalam menjaga kelembapan kulit.

  • Kulit sensitif

Memilih produk body lotion untuk kulit sensitif akan terkesan lebih tricky. Pasalnya, pilihan produk yang tersedia tidak sebanyak yang ditawarkan untuk jenis kulit lain. Permasalahan yang sering kali dihadapi oleh pemilik kulit sensitif, yaitu kulit yang rentan alami iritasi dan munculnya warna kemerahan secara tiba-tiba.

Sebagai rekomendasi, pilihlah produk body lotion dengan label hypoallergenic, bebas dari pewangi, dan juga alkohol. Di samping itu, Anda juga dapat memilih produk body lotion yang memiliki kandungan ceramides dan essential fatty acids

  • Kulit berminyak

Produksi minyak berlebih adalah perhatian utama dari pemilik kulit berminyak. Memilih body lotion dengan kandungan yang ringan, bersifat oilfree, seperti bahan alphahydroxy acid, atau produk dengan kandungan aloe vera dan jojoba oil, merupakan solusi yang ideal.

Kandungan yang telah disebutkan tersebut dapat berguna untuk mencegah penuaan dini dan juga membersihkan kotoran pada pori-pori kulit.

Cara menggunakan body lotion yang benar untuk hasil maksimal

  • Oleskan minimal sehari sekali

Berdasarkan penelitian oleh Kampft dan Ennen, penggunaan body lotion secara rutin pada tangan yang sering dicuci menggunakan cairan antiseptik, dapat menjaga kulit dari kondisi kering dan kasar. Zat antiseptik dikenal dapat membuat kulit tangan kering dan body lotion dapat menangani masalah ini.

  • Bersihkan kulit terlebih dulu

Sebelum mengoleskan body lotion, bersihkan kulit secara menyeluruh terlebih dulu. Pasalnya, kotoran dan debu yang menempel pada kulit dapat menghambat fungsi dan manfaat body lotion.

  • Perhatikan kondisi kesehatan kulit

Beberapa orang memiliki alergi atau masalah kulit tertentu, seperti dermatitis atopik. Jika ingin menggunakan body lotion, konsultasikan terlebih dulu tentang kondisi kesehatan kulit Anda dengan ahlinya di SehatQ.com, sehingga Anda dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *