Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Secara Mandiri? Lakukan Hal Ini untuk Stimulasinya!

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Secara Mandiri? Lakukan Hal Ini untuk Stimulasinya!

Banyak perkembangan penting pada bayi yang terjadi dalam satu tahun pertamanya. Salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh orang tua adalah umur berapa bayi bisa duduk. Perkembangan setiap bayi pun berbeda-beda.

Umur berapa bayi bisa duduk dipengaruhi oleh kemampuan motorik kasarnya, yaitu gerakan yang melibatkan otot-otot besar, seperti otot leher, bahu, perut, punggung, dan pinggang. Selain itu, diperlukan juga kemampuan motorik halus, seperti menyentuh dan menggenggam.

Kecepatan perkembangan tiap bayi tidak sama, umur bayi bisa duduk juga dapat berbeda-beda. Namun biasanya, bayi mulai bisa duduk di usia 4 bulan. Tahapan perkembangan melihat bayi bisa duduk secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu bayi belajar untuk duduk dan bayi mulai bisa duduk.

Bayi Belajar untuk Duduk

Si Kecil mulai belajar duduk di waktu yang sama ketika dia mulai bisa tengkurap dan mengangkat kepala, yaitu pada usia 3 atau 4 bulan. Mereka akan mulai mencoba untuk duduk dengan memiringkan badan dahulu, kemudian perlahan-lahan belajar menggunakan lengan untuk menopang badannya.

Lalu pada usia 5 atau 6 bulan, otot punggungnya sudah cukup kuat untuk berusaha duduk, meski masih banyak dibantu oleh lengan. Pada usia ini, bayi belum mampu untuk duduk dengan stabil. Namun seiring perkembangan otot punggung dan keseimbangan tubuhnya, posisi duduk bayi akan semakin stabil.

Bayi Mulai Bisa Duduk

Pada tahap awal, bayi hanya bisa duduk selama 1-2 detik, sebelum akhirnya jatuh. Seiring bertambah kuatnya otot-otot penopang tubuh, bayi semakin mampu untuk duduk lebih lama.

Memasuki usia 6-7 bulan, bayi akan mulai mencoba meraih dan menggenggam berbagai benda di sekitarnya. Pancing ia dengan mainan atau benda lain yang mudah diraih, agar bayi dapat belajar menyeimbangkan tubuh dan melatih koordinasi gerakan tubuhnya. Ketika bayi sudah bisa duduk tegak sendiri dan mulai bisa menggenggam, ia bisa diberi makan MPASI dengan cara baby-led weaning.

Setelah bayi mampu duduk dengan stabil, ia akan mulai mencoba posisi baru dengan kaki dan tangannya, untuk belajar merangkak. Menjelang usia 1 tahun, biasanya bayi sudah bisa merangkak dan bergerak aktif.

Anda bisa mulai mempersiapkan stimulasi mulai bayi berusia 4 bulan atau ketika otot lehernya sudah mulai kuat. Meski demikian, Anda tidak perlu memburu anak untuk segera bisa duduk jika memang belum memerlihatkan tanda-tanda kesiapannya. 

Begini cara stimulasi bayi bisa duduk yang bisa Anda lakukan menyesuaikan perkembangan dan kemampuan si kecil.

  1. Pancing dengan mainan

Guna memperkuat otot leher dan lengannya, Anda dapat sering meletakkan bayi dalam posisi telungkup kemudian menarik perhatiannya dengan berbagai mainan. Menarik perhatian bayi dalam posisi telungkup dapat membantu memperkuat otot leher, bahu dan punggung yang diperlukan untuk menstimulasi bayi duduk sendiri.

  1. Dudukkan di kursi

Demi membantu bayi duduk sendiri, Anda juga dapat mulai mendudukkannya di kursi dengan bantuan bantal. Namun, pastikan Anda tidak meninggalkannya sendiri dan jauhkan bayi dari benda-benda yang mungkin membuatnya susah bernapas. Anda juga dapat mendudukkan bayi dalam pangkuan Anda, kemudian membacakannya buku atau mengajaknya memainkan mainan favoritnya dalam posisi duduk.

  1. Perbanyak tummy time

Cara paling aman untuk melatih bayi duduk sendiri adalah dengan membiarkannya berlama-lama tummy time untuk mengeksplorasi lantai. Stimulasi lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan mendudukkan bayi di depan cermin. Hal ini akan membuatnya lebih bersemangat untuk bisa duduk sendiri setelah melihat dirinya dalam posisi duduk.

Menghitung umur berapa bayi bisa duduk sendiri sebetulnya tidak ada patokan khusus karena ada bayi yang dapat duduk dengan cepat, dan yang lainnya bisa lebih lambat di satu tahun pertamanya. Jika bayi Anda lahir lebih cepat (prematur), standar umur berapa bayi bisa duduk di atas juga tidak bisa dijadikan pedoman.

Meski demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika bayi belum bisa menegakkan kepala saat usia 4 bulan atau tidak mampu duduk sendiri saat berumur 9 bulan. Dokter mungkin akan merujuk bayi Anda ke klinik tumbuh kembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *