Waspada, Ini Risiko dan Manfaat Vitamin B6 untuk Kesuburan

Vitamin, mineral, dan zat lain yang ditemukan dalam makanan yang Anda makan memiliki berbagai tujuan penting untuk tubuh. Umumnya, kekurangan suatu vitamin tertentu dapat menyebabkan kesehatan pada tubuh seseorang.

Salah satunya risiko kekurangan vitamin B6 yang dikatakan dapat mempengaruhi kesuburan. Nah, kali ini akan dibahas tentang apa risiko kekurangan dan manfaat vitamin B6 terhadap kesuburan. Berikut penjelasannya!

Pengaruh Kekurangan vitamin B6 pada kesuburan

Manfaat vitamin B6 sangat baik untuk tubuh, terlebih lagi bagi kesuburan. Namun, jika tubuh Anda kekurangan vitamin yang penting ini, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa hal berikut:

  • Vitamin B6 berperan penting dalam menjaga dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda. Kekurangan vitamin B6 berarti ketidakseimbangan hormon untuk Anda, terutama ketidakseimbangan estrogen dan progesterone.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon adalah kelemahan lain dari kekurangan vitamin B6.
  • Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan retensi air berlebih di dalam tubuh, yang dapat membuat seseorang merasa kembung.
  • Kekurangan vitamin B6 juga berdampak psikologis pada seseorang, yang bisa menyebabkan perubahan mood. Selain itu, kekurangan vitamin B6 sangat mempengaruhi keseimbangan hormonal.
  • Kekurangan vitamin B6 juga mengakibatkan sperma yang buruk dan mempengaruhi kualitas sel telur wanita. Inilah mengapa vitamin ini penting bagi pria dan wanita.

Bagaimana manfaat vitamin B6 dalam meningkatkan kesuburan?

Pentingnya vitamin B6 dan dampak kekurangannya, berikut ini adalah vitamin B6 untuk konsepsi dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kesuburan.

  1. Menyeimbangkan estrogen dan progesterone

Seperti telah dijelaskan, vitamin B6 memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan hormon kita. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 dapat menyeimbangkan hormon estrogen dan progesterone yang merupakan dua pemain kunci dalam reproduksi.

  1. Meningkatkan lendir serviks

Lendir serviks sangat penting karena membantu memudahkan pengangkutan sperma ke sel telur selain itu, ia dapat memelihara dan melindungi sel telur dan sperma. Vitamin B6 membantu dalam pembentukan lendir serviks.

  1. Memperkuat fase luteal

Vitamin B6 diketahui dapat memperkuat fase luteal. Dengan demikian, itu berarti membuat rahim Anda lebih mudah menerima faktor-faktor kehamilan. Vitamin B6 dalam jumlah yang cukup dalam tubuh Anda dapat menghasilkan hormon yang membuat lapisan rahim lebih kuat dan meningkatkan kadar progesterone sehingga meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

  1. Memulihkan libido

Vitamin B6 juga dapat meningkatkan atau mengembalikan libido atau dorongan seks. Ini karena peningkatan hormon progesterone.

Sumber makanan vitamin B6

Vitamin B6 ditemukan di berbagai macam makanan. Makanan tersebut antara lain, kalkun, ikan, oatmeal, beras merah, bibit gandum, kacang kedelai, kenari, sayuran berdaun hijau, pisang, alpukat, telur, susu, kacang tanah, dan kentang.

Haruskan mengnsumsi suplemen vitamin B6 untuk kesuburan?

Vitamin berfungsi paling baik jika semua vitamin tersedia dalam jumlah yang tepat. Satu vitamin saja tidak akan cukup. Inilah sebabnya mengapa disarankan agar orang mengonsumsi multivitamin kecuali jika ada kekurangan vitamin tertentu. Untuk vitamin B6, mengkonsumsi suplemen tidak akan memenuhi kebutuhan Anda, itulah sebabnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun.

Kondisi tubuh tertentu yang pengaruhi tingkat vitamin B6

Kondisi tertentu atau kebiasaan sehari-hari yang Anda alami dapat menurunkan kadar vitamin B6 dalam tubuh Anda. Tapi hal baiknya adalah Anda bisa mengendalikannya. Berikut beberapa hal yang dapat menurunkan vitamin B6 dalam tubuh Anda dan apa yang bisa Anda lakukan:

  • Stres, dikenal sebagai penyebab banyak penyakit, gangguan dan defisiensi. Dan itu juga dapat mempengaruhi kadar vitamin B6 Anda. Jika Anda berencana untuk hamil, hindari stres. Santai dan cobalah untuk tetap sehat dan bahagia.
  • Konsumsi kopi atau produk berkafein yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan vitamin B6. Pastikan Anda membatasi asupan kopi tidak lebih dari satu cangkir sehari. Anda dapat beralih ke minuman yang lebih sehat seperti teh chamomile, teh lavender, atau teh herbal lainnya.
  • Berhenti mengonsumsi makanan yang diprotes secara berlebihan. Cobalah makan makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral.
  • Pastikan untuk tidak terlalu lama memasak atau memanaskan makanan secara berlebihan karena makanan Anda dapat kehilangan nilai gizinya. Makan makanan segar dan konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan hijau.

Setelah mengetahui manfaat vitamin B6 untuk kesuburan, efeknya, bahayanya jika dikonsumsi secara berlebihan, Anda dapat melanjutkan untuk mengkonsumsi suplemen ataupun makan makanan yang mengandung vitamin B6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *