Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengobati Epulis dengan Tepat

Epulis (tumor gusi) adalah istilah medis yang merujuk pada suatu kondisi ketika muncul massa abnormal  atau semacam tumor jinak yang tumbuh pada gingiva (jaringan lunak gusi). Jika anda merasakan nyeri, pembengkakan, rasa tidak nyaman, atau didapati massa abnormal pada rongga mulut atau gusi, sebaiknya anda konsultasikan langsung dengan dokter untuk mengetahui cara mengobati epulis yang paling sesuai.

Hal ini dikarenakan masing-masing jenis epulis terkadang memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Beberapa jenis epulis yang bisa terjadi pada manusia tersebut adalah seperti epulis fibromatosa, epulis kongenital, epulis gravidarum, epulis granulomatosa, epulis fissuratum, epulis gigantoselulare, serta granuloma piogenik.

Cara Mendiagnosa Epulis

Setelah menyadari ada rasa yang tidak nyaman pada rongga mulut dan gusi, ketika anda berkonsultasi ke dokter maka selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan secara fisik pada massa yang diduga sebagai epulis.

Untuk memastikan kondisi epulis yang diderita oleh pasien, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang berdasarkan pada prosedur tes sebagai berikut:

  • Pertama, dokter akan melakukan tes rontgen gigi untuk mendapatkan informasi kondisi gigi secara menyeluruh.
  • Kedua, dokter akan melakukan biopsi atau tes kanker dengan cara mengambil sampel jaringan. Sampel ini kemudian akan dianalisis untuk mengetahui bagaimana tingkat risiko keganasan tumor atau kanker mulut.

Setelah mendapatkan gambaran umum mengenai kondisi gigi, mulut, dan massa epulis tersebut, barulah dokter akan menunjukkan bagaimana cara mengobati epulis dan jenis tindakan lebih lanjut yang akan dilakukan.

Cara Mengobati Epulis (Tumor Gusi)

Cara mengobati epulis atau tumor gusi yang keberadaannya diketahui sejak dini umumnya lebih sederhana daripada epulis yang kemunculannya baru disadari setelah beberapa waktu. Sebab, seiring bertambahnya waktu, massa epulis bisa semakin membesar dan memberikan gangguan berupa gencatan atau tekanan ke jaringan di sekelilingnya. Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka epulis lebih sulit untuk ditangani.

Untuk mengobat  epulis yang diderita oleh seorang pasien, dokter biasanya akan melakukan berbagai macam tindakan pada gigi yang terdampak epulis. Tindakan tersebut bisa dalam bentuk scaling, root planning, atau bisa pula cabut gigi.

Dalam beberapa kondisi lain, dokter juga akan melakukan tes kanker lanjutan (biopsi) untuk mengetahui jaringan massa yang tumbuh di bagian epulis tersebut. Setelah dilakukan tes, dokter akan melakukan tindakan pengangkatan epulis. Proses pengangkatan ini mirip dengan pengangkatan tumor. Namun, karena epulis adalah tumor lokal yang jinak, maka proses pengangkatannya tidak terlalu rumit dan memakan banyak waktu.

Pengangkatan epulis ini perlu untuk dilakukan demi menghilangkan faktor iritan atau faktor penyebab pertumbuhan epulis yang lebih lanjut. Anda juga perlu untuk selalu mengecek kondisi gusi yang telah dilakukan pengangkatan epulis secara berkala. Apabila didapati suatu gangguan pada area tersebut, anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter.

Di samping itu, dokter juga akan memberikan tips agar epulis tidak kembali terjadi. Beberapa tips tersebut adalah meliputi hal-hal yang berkaitan dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda akan diminta untuk lebih rutin menyikat gigi dengan cara yang benar. Pemeriksaan secara rutin ke dokter juga bisa anda lakukan selama enam bulan sekali untuk menjaga gigi dan mulut dalam kondisi yang baik. Apabila diperlukan maka bisa pula melakukan perawatan tambahan seperti flossing atau perawatan mulut dan gigi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *