Yuk, Pahami Macam-Macam Senam!

Saat ini ada macam-macam senam yang perlu Anda ketahui dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Senam merupakan salah satu jenis olahraga. Di mana olahraga sendiri adalah kombinasi kompleks yang melibatkan kekuatan fisik, fleksibilitas, kekuatan, ketangkasan, koordinasi, keanggunan, keseimbangan, dan kontrol. 

Dari beberapa olahraga tersebut, senam adalah jenis yang paling sering dilakukan oleh para wanita, meski pria pun melakukannya juga. Nah, berikut beberapa macam senam yang berbeda dan perlu Anda ketahui.

Macam-macam senam

Setiap sub-niche senam, akan menekankan pada aspek yang berbeda seperti kekuatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi sambil memanfaatkan elemen semuanya. Berikut jenis senam dan bagaimana manfaatnya. 

  1. Senam artistik

Jenis senam ini adalah jenis senam yang paling populer dan banyak diminati oleh anak-anak. Olahraga ini selanjutnya dibagi menjadi khusus pria dan wanita. Senam artistik adalah bentuk senam yang paling umum, wanita berkompetisi dalam empat pertandingan, termasuk senam lantai, lompat galah, palang tidak rata, dan balok keseimbangan. 

Pria berkompetisi dalam enam pertandingan, termasuk senam lantai, palang sejajar, palang tinggi, lemari besi, dan pommel horse. Semua acara ini membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah yang luar biasa sekaligus menambahkan bakat artistik pada setiap pertunjukan.  

  • Senam artistik wanita. Terdiri dari rutinitas yang dilakukan pada palang yang tidak rata, balok keseimbangan dan senam lantai. Senam artistik wanita seperti yang dikenal populer dipraktikkan baik dalam acara berbasis individu maupun tim dan merupakan salah satu ekspresi bentuk, fleksibilitas, dan kekuatan yang paling indah. 
  • Senam artistic pria (MAG). Berbeda secara signifikan dari WAG dan menggunakan peralatan dan teknik yang sangat berbeda.  Pommel horse, palang sejajar, dan palang tinggi yang ditampilkan secara mencolok di sini, baik dalam acara individu maupun tim. 

Bagi WAG dan MAG membutuhkan banyak daya tahan, koordinasi, dan kekuatan, yang pertama artistik menggunakan gerakan koreografi yang indah, sedangkan yang terakhir menekankan kekuatan. 

  1. Senam ritmik

Macam-macam senam lainnya adalah senam ritmik. Senam ritmik saat ini dilakukan oleh wanita, seperti namanya, senam ini menampilkan gerakan anggun yang menekankan fleksibilitas dan kelincahan menggunakan simpai, bola, tali, dan pita. Senam ritmik dipecah menjadi individu dan tim yang biasanya dilakukan dengan musik. Bentuk seni memanfaatkan elemen balet, tarian dan manipulasi peralatan untuk menampilkan ketangkasan, ketahanan dan koordinasi tangan dan mata.

  1. Senam trampoline

Meskipun pelatihan trampoline merupakan bagian integral dan program senam apa pun, ia telah bercabang menjadi disiplinnya sendiri dan secara resmi dilantik ke dalam permainan Olimpiade pada tahun 2000. Senam trampoline menggunakan manuver terbang tinggi dengan lompatan, jungkir balik, dan tikungan dalam rutinitas bergerak cepat untuk menciptakan tontonan yang benar-benar menakjubkan. Senam trampoline menjadi acara individu, tersinkronisasi dan ganda. 

  1. Power tumbling

Power tumbling membawa pelatihan trampoline ke level yang lebih baru dan menambahkan elemen senam artistik ke trampoline. Di sini, perseta akan melakukan dua operan di trek 25 meter, setiap kali menampilkan satu set delapan keterampilan. Tumbang kekuatan membutuhkan kesadaran spasial yang luar biasa, kekuatan dan koordinasi agar dapat dilakukan dengan baik. 

  1. Senam akrobatik

Senam akrobatik adalah tampilan kekuatan dan koordinasi yang paling menakjubkan dalam senam. Tidak ada peralatan yang digunakan di sini. Tim yang terdiri dari 2-4 melakukan tiga jenis gerakan akrobatik-rutinitas keseimbangan yang menekankan kekuatan, rutinitas dinamis dengan lemparan, tangkapan, dan jungkir balik dan terakhir rutinitas gabungan yang menggunakan elemen keduanya. Senam akrobatik telah mendapatkan ketenaran karena manuvernya yang berani dan sering kali berisiko. 

Semua olahraga tentu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, pun dengan senam. Macam-macam senam dengan melakukan berbagai gerakan yang bisa dilakukan sendiri maupun tim. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *